Insight Bisnis

Mobile Marketing: Pengertian, Jenis dan Keuntungan

Siapa sih yang tidak ingin strategi marketingnya berhasil? Bahkan penjual kecilpun juga ingin berhasil. Sebab, dengan marketing yang mudah dan berhasil, bisa meningkatkan penjualan. Salah satunya, yaitu mobile marketing.

Jarang dikenal, tetapi ini lebih holistik membahas marketing itu mudah dan ada di genggaman setiap orang. Yuk, simak satu per satu.

Apa itu Mobile Marketing?

Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang memanfaatkan perangkat mobile, seperti smartphone, tablet, atau smartwatch, untuk menjangkau dan berinteraksi dengan audiens yang menggunakan perangkat tersebut.

Mobile marketing memungkinkan bisnis untuk menyampaikan pesan yang relevan, personal, dan tepat waktu kepada pelanggan potensial atau yang sudah ada. Jadi, sangat bisa meningkatkan konversinya.

Setelah memahami pengertian, yuk pahami jenis-jenisnya yang sangat beranekaragam ini.

Jenis Mobile Marketing

Ada beberapa jenis mobile marketing yang bisa dilakukan oleh bisnis, antara lain:

1. SMS marketing

Mengirim pesan teks singkat yang berisi informasi, promosi, atau ajakan bertindak kepada pelanggan yang sudah memberikan izin. Biasanya sih ini dimanfaatkan oleh provider untuk menawarkan produk-produk paket data, roaming, dan lainnya.

Kalau misalnya kalian punya data nomor HP, bisa banget digunakan untuk hal seperti ini.

2. MMS Marketing

Mengirim pesan multimedia yang berisi gambar, video, audio, atau teks yang lebih menarik dan kreatif kepada pelanggan yang sudah memberikan izin.

3. Web Marketing

Web Marketing
Web Marketing

Membuat website yang responsif dan ramah mobile, sehingga bisa diakses dengan mudah dan cepat oleh pengguna perangkat mobile.

Biasanya website ini digunakan sebagai halaman penting untuk konversi. Pernah tidak mendapatkan halaman untuk menawarkan produk? Atau jualan ebook? Bahkan bisa juga halaman untuk jualan obat? Nah, itulah manfaat website. Bisa menyajikan informasi yang lebih banyak dan potensi convert lebih besar.

4. Mobile App Marketing

Membuat aplikasi mobile yang menyediakan fungsi, fitur, atau konten yang bermanfaat bagi pengguna perangkat mobile, serta mengoptimalkan aplikasi tersebut untuk meningkatkan unduhan, penggunaan, dan loyalitas.

5. Mobile Email Marketing

Mengirim email yang disesuaikan dengan format dan ukuran layar perangkat mobile, sehingga bisa dibaca dengan nyaman dan efektif oleh pengguna perangkat mobile.

6. Social Media Marketing

Memanfaatkan platform media sosial yang populer di kalangan pengguna perangkat mobile, seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau TikTok, untuk membangun merek, menghasilkan lalu lintas, atau meningkatkan penjualan.

7. Mobile Search Marketing

Memastikan website atau aplikasi mobile muncul di hasil pencarian mesin pencari yang digunakan oleh pengguna perangkat mobile, seperti Google atau Bing, dengan menggunakan teknik SEO atau SEM.

8. Mobile Advertising

Menampilkan iklan yang sesuai dengan konteks dan preferensi pengguna perangkat mobile, seperti banner, pop-up, video, atau native ads, di berbagai platform atau aplikasi mobile.

9. Mobile location-based marketing

Menggunakan teknologi GPS atau geofencing untuk menentukan lokasi pengguna perangkat mobile, dan mengirimkan pesan atau iklan yang sesuai dengan lokasi tersebut.

10. Mobile Gamification Marketing

Menggunakan unsur-unsur game, seperti skor, level, hadiah, atau tantangan, untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi pengguna perangkat mobile.

Baca juga: Cara Menawarkan Produk Lewat WA

Manfaat Mobile Marketing

Mobile marketing memiliki banyak manfaat bagi bisnis, antara lain:

  • Meningkatkan jangkauan dan visibilitas bisnis di pasar yang luas dan kompetitif.
  • Meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan dengan memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memuaskan.
  • Meningkatkan konversi dan penjualan dengan memberikan pesan yang relevan dan tepat waktu.
  • Meningkatkan analisis dan pengukuran kinerja pemasaran dengan menggunakan data dan metrik yang akurat dan real-time.

Mobile marketing adalah strategi pemasaran yang penting untuk diterapkan oleh bisnis di era digital ini. Dengan mobile marketing, bisnis bisa menjangkau dan berinteraksi dengan audiens yang menggunakan perangkat mobile dengan cara yang efektif dan efisien. Mobile marketing juga bisa membantu bisnis mencapai tujuan pemasaran yang diinginkan. 

Refi merupakan seorang profesional yang ahli dalam menulis konten edukatif, terutama di bidang bisnis dan marketing. Dengan pengalamannya yang luas, Refi memiliki kemampuan luar biasa dalam menyajikan materi yang kompleks menjadi mudah dipahami, menjadikannya sumber daya berharga di tempat kerjanya.

Write A Comment