Insight Bisnis

Cara Menawarkan Produk Lewat WA [Konversi Tinggi]

WA atau Whatsapp merupakan salah satu aplikasi chat yang paling populer di Indonesia. Dengan jumlah pengguna yang mencapai ratusan juta, WA bisa menjadi media yang efektif untuk menawarkan produk, termasuk produk buku.

Jika kamu ingin jualan buku atau jadi reseller buku, kamu bisa memanfaatkan WA untuk meningkatkan penjualanmu.

Panduan Menggunakan WA untuk Jualan

Berikut adalah beberapa cara menawarkan produk lewat WA khususnya untuk jualan buku dan jadi reseller buku:

1. Gunakan Whatsapp Business

Whatsapp Business adalah versi khusus dari Whatsapp yang dirancang untuk bisnis. Dengan Whatsapp Business, kamu bisa membuat profil bisnis yang profesional, menyediakan katalog produk buku yang lengkap, mengirim pesan otomatis, dan melihat statistik chat. Whatsapp Business juga memudahkan kamu untuk membedakan antara akun pribadi dan bisnis.

2. Buatlah Daftar Broadcast

Daftar broadcast adalah fitur yang memungkinkan kamu mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus tanpa membuat grup. Kamu bisa membuat daftar broadcast berdasarkan kriteria tertentu, misalnya lokasi, minat, atau jenis buku. Kamu bisa mengirim pesan promosi, informasi, atau edukasi tentang produk buku yang kamu tawarkan.

3. Gunakan Status WA

Status WA adalah fitur yang memungkinkan kamu membagikan foto, video, atau teks yang akan hilang dalam 24 jam. Kamu bisa menggunakan status WA untuk menarik perhatian kontakmu dengan menampilkan produk buku yang menarik, memberikan testimoni, memberikan diskon, atau mengajak interaksi.

4. Gunakan Obrolan Grup

Obrolan grup adalah fitur yang memungkinkan kamu berkomunikasi dengan banyak orang dalam satu grup. Kamu bisa membuat obrolan grup dengan kontak yang berpotensi menjadi pelanggan atau reseller buku. Kamu bisa berbagi informasi, tips, rekomendasi, atau review tentang produk buku yang kamu tawarkan.

5. Komunikasi yang Dipersonalisasi

Komunikasi yang dipersonalisasi adalah cara yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan atau reseller buku. Kamu bisa mengirim pesan yang sesuai dengan nama, kebutuhan, atau preferensi kontakmu. Kamu juga bisa memberikan solusi, saran, atau bantuan yang relevan dengan produk buku yang mereka cari atau tawarkan.

6. Gunakan Media Visual

Media visual adalah cara yang menarik untuk menampilkan produk buku yang kamu tawarkan. Kamu bisa menggunakan foto, video, gif, atau stiker untuk menunjukkan cover, isi, atau manfaat buku yang kamu jual atau resel.

Kamu juga bisa menggunakan media visual untuk membuat konten yang informatif, inspiratif, atau menghibur tentang produk buku.

7. Gunakan Testimoni

Testimoni adalah cara yang ampuh untuk membuktikan kualitas dan kepuasan produk buku yang kamu tawarkan. Kamu bisa mengumpulkan testimoni dari pelanggan atau reseller buku yang sudah pernah membeli atau menjual produkmu. Kamu bisa membagikan testimoni tersebut melalui pesan, status, atau obrolan grup.

8. Gunakan Call to Action

Call to action adalah cara yang penting untuk mendorong kontakmu untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Kamu bisa menggunakan call to action untuk mengajak kontakmu untuk membeli, menjual, merekomendasikan, atau menghubungi kamu tentang produk buku yang kamu tawarkan. Kamu bisa menggunakan kata-kata seperti “beli sekarang”, “daftar sekarang”, “hubungi kami”, atau “klik link ini”.

9. Gunakan Follow Up

Follow up adalah cara yang perlu untuk memastikan kontakmu tidak lupa atau kehilangan minat dengan produk buku yang kamu tawarkan. Kamu bisa melakukan follow up dengan mengirim pesan pengingat, penawaran spesial, pertanyaan, atau ucapan terima kasih kepada kontakmu setelah melakukan interaksi sebelumnya.

10. Gunakan Tracking

Link tracking adalah cara yang berguna untuk mengukur efektivitas dan hasil dari cara menawarkan produk lewat WA yang kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan link tracking untuk melihat berapa banyak kontakmu yang mengklik link produk buku yang kamu bagikan, berapa banyak yang melakukan pembelian atau pendaftaran, atau berapa banyak yang mengirim feedback.

Baca juga: Pengertian, Jenis dan Kekurangan Outbound Call

Contoh Cara Menawarkan Produk Lewat WA, Kasus Jualan Buku

Berikut adalah contoh pesan yang bisa kamu kirimkan kepada kontakmu untuk menawarkan produk buku dan menjadi reseller buku:

Halo, [nama]!

Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia selalu ya.

Saya mau menginformasikan bahwa saya sedang menjual buku-buku best seller dengan harga murah dan berkualitas.

Buku-buku yang saya jual adalah:

  • Atomic Habits: Cara Mudah Membangun Kebiasaan Baru dan Menghapus Kebiasaan Buruk oleh James Clear. Harga Rp 75.000 (diskon 25% dari harga normal Rp 100.000).
  • Rich Dad Poor Dad: Apa yang Diajarkan Orang Kaya kepada Anak-anak Mereka tentang Uang yang Tidak Diajarkan Orang Miskin dan Kelas Menengah oleh Robert T. Kiyosaki. Harga Rp 50.000 (diskon 50% dari harga normal Rp 100.000).
  • The Power of Positive Thinking: Cara Mengubah Hidup Anda dengan Pikiran Positif oleh Norman Vincent Peale. Harga Rp 40.000 (diskon 20% dari harga normal Rp 50.000).

Buku-buku ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup, keuangan, dan kebahagiaan Anda.

Saya juga memberikan bonus gratis ongkir untuk pembelian minimal 3 buku.

Tertarik untuk membeli?

Jika ya, silakan klik link ini untuk memesan: [link]

Jika tidak, tidak apa-apa kok. Saya tetap menghargai keputusan Anda.

Tapi, saya punya tawaran menarik lainnya untuk Anda.

Bagaimana jika Anda menjadi reseller buku saya?

Anda bisa mendapatkan keuntungan hingga 30% dari setiap penjualan yang Anda lakukan.

Anda juga bisa mendapatkan bimbingan dan dukungan dari saya untuk memasarkan buku-buku ini dengan mudah dan efektif.

Tertarik untuk menjadi reseller?

Jika ya, silakan klik link ini untuk mendaftar: [link]

Jika tidak, tidak apa-apa kok. Saya tetap menghargai keputusan Anda.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca pesan ini.

Saya tunggu kabar baik dari Anda ya.

Salam sukses,

Refi merupakan seorang profesional yang ahli dalam menulis konten edukatif, terutama di bidang bisnis dan marketing. Dengan pengalamannya yang luas, Refi memiliki kemampuan luar biasa dalam menyajikan materi yang kompleks menjadi mudah dipahami, menjadikannya sumber daya berharga di tempat kerjanya.

Write A Comment